Thursday, March 10, 2011

CIRI-CIRI TAKWA.

Takwa merupakan sifat dari muslim yg beriman. Karena, iman Islam dalam diri seseorang muslim harus dibarengi dg takwa. Keimanan & ketakwaan seorang muslim adalah kunci agar mendapatkan ridho & barokah dari Allah swt. Apa sajakah ciri" orang bertakwa?

Setidaknya ada tiga ciri orang yg bertakwa. Pertama, ridho perintah Allah swt, seberat apapun perintah tersebut. Kemudian ia bersungguh" menjalankannya, walau nafsu tidak menyukai. Kedua, ridho terhadap larangan Allah swt, senikmat apapun larangan tersebut. Kemudian ia bersungguh" menjauhinya, walau nafsu sangat menyukainya. Ketiga, ridho terhadap apa pun yg Allah takdirkan kepada dirinya. Tidak berkeluh kesah, berputus asa, serta buruk sangka. Ridho disini bukan berarti apatis. Ridho di sini adalah kesiapan hati untuk menerima apa pun kententuan Allah swt, serta berusaha optimal untuk mendaptkan takdir baik.

Kita tidak pernah mencapai derajat takwa tanpa memiliki kesungguhan untuk berproses, berlatih & meminta kepada Allah swt. Namun, semua itu tidak berarti jika Allah tidak memberikan kuncinya kepada kita. Kunci tersebut adalah ilmu. Ilmu adalah kunci pembuka gerbang ketakwaan, landasan semua amal. Sangat sulit mengetahui mana yg diperintahkan & mana yg dilarang oleh Allah, jika tidak memiliki pengetahuan hal tersebut. Dan salah satu tanda kecintaan Allah kepada seorang hamba menurut adalah dikaruniainya kepahaman terhadap ilmu, terutama ilmu agama. Dengan ilmu tersebut ia bisa mengenal Allah, mengetahui mana yg boleh & mana yg tidak, sehingga hidup lebih tertuntun.

Ketika kita bersungguh" menggapai tiga ciri takwa tersebut, optimal dalam beramal & menjauhi maksiat, serta senantiasa tawakal dg landasan ilmu, maka Allah akan mengaruniakan kekuatan ruhiyah kepada kita. Amal kebaikan yg kita lakukan akan menguatkan keimanan dalam diri kita. Semakin banyak amal shaleh yg kita lakukan akan semakin kuat diri kita. Sedangkan amal keburukan atau maksiat yg lebih banyak dilakukan, maka akan menjadi lemahlah diri kita. Amal shaleh, kebaikan & ibadah yg selalu kita lakukan akan membuat komunikasi kepada Allah menjadi lancar, seakan kita dekat dengan-Nya. Sedangkan dalam maksiat yg banyak dilakukan, kita jauh dari Allah swt. Nauzubillahimizalik.

Apabila kekuatan ruhiyah kita sudah kuat. Insya Allah diri ini akan terasa tenang & damai, resah gelisah & kesempitan hidup akan dijauhkan dari kita, & akan terpelihara dari berbuat maksiat. Orang yg beramal saleh tentunya memiliki tingkah laku yg baik, ucapannya tidak banyak namun bermakna & bermanfaat. Selain itu, Allah swt juga memberikan kemudahan dalam beramal. Orang yg kuat ruhiyahnya memiliki energi yg sangat besar dalam beramal saleh. Apa yg disukai Allah akan ia lakukan dg sungguh". Ibadah" wajibnya senantiasa ia hiasi dg ibadah" sunnah. Ia pun kecewa berat jika tertinggal dalam berbuat taat. Selain itu, ia akan dikaruniakan dg doa yg mustajab. Sangat wajar jika do'a"nya diijabah, sebab ia memiliki ruhiyah yg kuat, iman, & takwa yg tinggi, sehingga kontaknya kepada Allah tidak terputus.

Semoga kita termasuk golongan orang-orang bertakwa, yg dikaruniai pemahaman agama serta kekuatan ruhiyah yg mantap.
Amin ya Allah . . . .

&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&& 
BAGI SIAPA SAJA JIKALAU NOTE INI BERMANFAAT SILAHKAN share pada yg lain...
SYUKRAN.
Salam Ukhuwah . . . .

No comments:

Post a Comment